SEVEN HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE - RENUNGAN



Menuju kemandirian dan kemenangan pribadi, oleh Covey di jabarkan seperti di bawah ini. Belum baca semua kan? Kita simak ringkasannya ya..

1. Menjadi proaktif.. 

Semua pilihan yang telah kita ambil, harus kita tahu resiko dan berani ambil resikonya. Tanggung jawab sebagai respon dan kemampuan kita melakukan respon atas stimulus yang di hadapi.

2. Mulailah dari akhir pikiran 

Temukan dan klarifikasi nilai nilai dan karakter penting dan tujuan hidup kita yang utama. Terutama karakteristik ideal untuk setiap peran yang berbeda dan hubungan dalam hidup kita.

3. Dahulukan yang prioritas 

Eksekusi tugas tugas mingguan anda berdasarkan skala kepentingannya terlebih dahulu di banding skala urgensinya. Evaluasi apakah usaha yang telah kita  lakukan sudah sesuai dengan karakter yang kita  inginkan. apakah sudah mendorongnya dan semakin dekat dengan sasaran dan memperkaya peranan kita

4. Berpikir menang

Menghormati orang lain dengan memahami kemenangan untuk semua orang adalah resolusi jangka panjang yang lebih baik daripada hanya satu individual saja yang menang.

5. Berusahalah untuk mengerti orang lain dahulu, baru kemudian di mengerti

Memakai cara berempati dalam mendengar orang lain agar dapat benar benar dipengaruhi orang lain, yang akan mendorong mereka untuk untuk balas mendengarkan kita dan berpikiran terbuka utk dapat kita pengaruhi. Sehingga menciptakan suasana kepedulian menghormat idan pemecahan masalah secara positif.

6. Sinergi 

Menggabungkan kekuatan dari beberapa orang melalui kerjasama tim yang positif, sehingga untuk mencapai tujuan tidak ada satu orangpun bisa melakukan sendiri. Mendapatkan performa terbaik dari sekelompok orang dengan mendorong kontribusi yang berarti dan pemodelan kepemimpinan yang mendukung.

7. Asahlah gergaji 

Seimbangkan dan perbaharui sumber daya, energi, dan kesehatan kita untuk menciptakan gaya hidup yang berkelanjutan, jangka panjang dan efektif .

Demikian teman teman.. tentunya ringkasan tersebut di atas  bisa kita kembangkan lebih luas lagi untuk menggali dan menebarkan tujuh kebiasaaan sebagai individual yang efektive.

Selamat berjuang, semoga teman teman semua sukses membangun pribadi yang jempolan.

Salam hangat, 

Susi Boedjawarsana 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODE PENAMBANGAN BAWAH TANAH - UNDERGROUND

FRIENDSHIP CARING

Jakarta-Bangkok-Siem Reap